Jumlah Penduduk

Jiwa

Sumber Data Konsolidasi Kementerian Dalam Negeri Tahun 2016

Informasi Pelayanan DISDUKCAPIL

Akta Kelahiran

Nomor Antrian SMS: 082211558850 Format: NAMA#NIK#AKTA_KELAHIRAN

PERSYARATAN PENCATATAN AKTE KELAHIRAN TEPAT WAKTU DI BAWAH 60 HARI
  1. Mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Tersedia di Kecamatan atau Kelurahan)
  2. Surat Keterangan Kelahiran dari Rumah Sakit/Bidan (Asli)
  3. Fotokopi KTP Orang Tua (Ayah dan Ibu)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (NIK Anak harus sudah masuk dalam KK)
  5. Fotokopi Akta Nikah atau Akta Perkawinan, Isbat dari Pengadilan Agama, putusan atau penetapan Pengadilan Negeri
  6. Melampirkan fotokopi KTP dua orang saksi dari keluarga dekat
  7. Semua persyaratan dikumpul dalam map warna hijau

PERSYARATAN AKTE KELAHIRAN TERLAMBAT DI ATAS 60 HARI DAN SETERUSNYA (LOKET B)
  1. Mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Tersedia di Kecamatan atau Kelurahan)
  2. Surat Keterangan Kelahiran dari Rumah Sakit/Bidan (Asli)
  3. Fotokopi KTP Orang Tua (Ayah dan Ibu)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (NIK Anak harus sudah masuk dalam KK)
  5. Fotokopi Akta Nikah atau Akta Perkawinan, Isbat dari Pengadilan Agama, putusan atau penetapan Pengadilan Negeri
  6. Melampirkan fotokopi KTP dua orang saksi dari keluarga dekat
  7. Semua persyaratan dikumpul dalam map warna kuning

Persyaratan Khusus:
Berita Acara kepolisian dan Surat Keterangan Medis bagi anak yang tidak diketahui asal usul keberadaan orang tuanya
Kutipan akta Kelahiran Ibu bagi anak yang lahir di luar perkawinan

LAMANYA PEMBUATAN 8 (DELAPAN) HARI KERJA

GRATIS

Akta Kematian

Nomor Antrian SMS: 0878 2335 2336
Format: NAMA#NIK#AKTA_KEMATIAN

LOKET D
  1. Mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  2. Surat Keterangan Kematian dari Dokter/Rumah Sakit (Para Medis)
  3. Surat Keterangan Kematian dari Lurah Setempat
  4. Fotokopi Kutipan Akta Nikah/Akte Perkawinan
  5. Fotokopi Akta Kelahiran yang meninggal dunia
  6. Fotokopi KK dan KTP yang meninggal dunia
  7. Fotokopi Surat Kewarganegaraan/ganti nama yang meninggal dunia
  8. Melampirkan fotokopi KTP dua orang saksi dari keluarga dekat
  9. Fotokopi KTP pelapor yang masih berlaku
LAMANYA PEMBUATAN 8 (DELAPAN) HARI KERJA

GRATIS

Akta Perkawinan

Nomor Antrian SMS: 0878 2335 2336
Format: NAMA#NIK#AKTA_PERKAWINAN

LOKET E
  1. Mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  2. Surat keterangan perkawinan/pemberkatan dari pemuka agama, dan pemuka penghayat kepercayaan
  3. Fotokopi KK dan KTP calon mempelai
  4. Kutipan Akta Kelahiran calon mempelai
  5. Surat pernyataan belum pernah kawin, bermaterai dari yang bersangkutan diketahui oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat instansi yang berwenang di daerah asal
  6. Fotokopi Surat Baptis/Permandian
  7. Fotokopi Surat Keterangan Kewarganegaraan
  8. Fotokopi Surat ganti nama mempelai dan orang tuanya
  9. Surat izin Komandan (TNI/POLRI)
  10. Fotokopi Akta Perceraian (bagi yang telah bercerai)
  11. Fotokopi Kutipan Akta Kematian Surat/Istri terdahulu bila telah meninggal
  12. Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran anak yang akan disahkan
  13. Izin perkawinan dari Pengadilan atau dari Instansi Pelaksana
  14. Akta perjanjian perkawinan
  15. Pas Foto berwarna ukuran 4x6 cm berdampingan sebanyak 3 lembar
  16. KTP dua orang saksi yang hadir pada waktu pencatatan

Catatan:
Wajib dilaporkan oleh penduduk kepada Dinas paling lambat 60 hari kerja sejak tanggal perkawinan

LAMANYA PEMBUATAN 8 (DELAPAN) HARI KERJA

GRATIS

Akta Perceraian

Nomor Antrian SMS: 0878 2335 2336
Format: NAMA#NIK#AKTA_PERCERAIAN

LOKET E
  1. Mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  2. Fotokopi Penetapan Pengadilan Negeri tempat pemohon yang mempunyai kekuatan hukum yang tetap
  3. Kutipan Akta Perkawinan (asli dan fotokopi)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP suami/istri
  5. Fotokopi Akta Kelahiran
  6. Surat Keterangan Ganti Nama
  7. KTP pelapor
  8. Bagi WNA yang melakukan perceraian, yang bersangkutan membawa dokumen imigrasi dan SKLD

Catatan:
Perceraian wajib dilaporkan oleh yang bersangkutan kepada instansi pelaksana paling lambat 60 hari sejak putusan Pengadilan tentang perceraian yang telah memperoleh kekuatan hukum lengkap

LAMANYA PEMBUATAN 8 (DELAPAN) HARI KERJA

GRATIS

Akta Pengakuan Anak

Nomor Antrian SMS: 0878 2335 2336
Format: NAMA#NIK#AKTA_PENGESAHAN_ANAK
  1. Mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  2. Surat Pengantar dari RT/RW yang diketahui Lurah
  3. Surat pernyataan Pengakuan anak dari ayah biologis yang disetujui oleh ibu kandung
  4. Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran
  5. Fotokopi Akta kelahiran ayah biologis dari ibu kandung
  6. Fotokopi KK/KTP ayah biologis dari ibu kandung
  7. Surat Keterangan kewarganegaraan orang tua dari si anak
  8. Surat Keterangan Ganti Nama
  9. Menyertakan dua orang saksi dengan membawa fotokopi KTP yang masih berlaku

LAMANYA PEMBUATAN 8 (DELAPAN) HARI KERJA

GRATIS

Pengangkatan Anak

Nomor Antrian SMS: 0878 2335 2336
Format: NAMA#NIK#AKTA_PENGANGKATAN_ANAK
  1. Mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  2. Fotokopi Penetapan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama
  3. Fotokopi Akta Kelahiran
  4. Fotokopi Akta Perkawinan/Akta Nikah orang tua yang mengangkat
  5. Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran orang tua angkat
  6. Fotokopi KK dan KTP orang tua angkat
  7. Fotokopi Paspor orang tua angkat (bagi orang asing)
  8. Fotokopi Kitas/Kitap (bagi orang asing)
  9. Fotokopi KTP Pelapor

LAMANYA PEMBUATAN 8 (DELAPAN) HARI KERJA

GRATIS

Pengesahan Anak

Nomor Antrian SMS: 0878 2335 2336
Format: NAMA#NIK#AKTA_PENGESAHAN_ANAK
  1. Mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  2. Surat Pengantar dari RT/RW dan diketahui Lurah
  3. Fotokopi Akta Perkawinan orang tua
  4. Fotokopi KK dan KTP orang tua
  5. Surat pengakuan anak dari ayah biologis yang disetujui ibu kandung
  6. Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran Anak
  7. Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran ayah biologis dari ibu kandung
  8. Surat Keterangan kewarganegaraan orang tua dari si anak
  9. Surat Keterangan Ganti Nama
  10. Fotokopi Paspor (bagi WNA)
  11. Fotokopi Kitas/Kitap (bagi WNA)
  12. Surat Keterangan Lapor Diri dan/atau Surat Tanda Melapor Diri (bagi WNA)
  13. Fotokopi KK/KTP ayah biologis dan ibu kandung (bagi WNA)

Catatan:
Wajib dilaporkan oleh orang tua kepada instansi pelaksana paling lambat 30 hari sejak ayah dan ibu dari anak yang bersangkutan melakukan perkawinan

LAMANYA PEMBUATAN 8 (DELAPAN) HARI KERJA

Perubahan Nama

Nomor Antrian SMS: 0878 2335 2336
Format: NAMA#NIK#PERBAIKAN_AKTA

LOKET E
  1. Mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  2. Kutipan Akta Kelahiran asli dan fotokopi
  3. Fotokopi Kutipan Akta Perkawinan dan Akta Perceraian
  4. Fotokopi Salinan penetapan pengadilan negeri yang mempunyai kekuatan hukum tetap perubahan nama
  5. Fotokopi KK dan KTP pemohon
  6. Fotokopi KTP pelapor

Catatan:
Wajib dilaporkan oleh penduduk kepada instansi pelaksana yang menerbitkan Akta Pencatatan Sipil paling lambat 30 hari sejak diterimanya salinan penetapan pengadilan negeri oleh penduduk

LAMANYA PEMBUATAN 8 (DELAPAN) HARI KERJA

GRATIS

Pindah Datang Ke Kota Bandung

Nomor Antrian SMS: 082211558860 

Format: NAMA#NIK#PINDAH_DATANG

LOKET G

 Antar Daerah:
  1. Surat Pengantar dari Dinas Kependudukan tempat asal
  2. Pengisian Formulir Surat Kuasa (apabila dikuasakan)
  3. Pengisian Formulir SKPD WNI
  4. KTP asli (apabila belum ditarik dari daerah asal)
Semua persyaratan dikumpul dalam map warna hijau
LAMANYA PEMBUATAN 8 (DELAPAN) HARI KERJA

GRATIS

Pindah Keluar Kota Bandung

Nomor Antrian SMS: 082211558860 Format: NAMA#NIK#PINDAH_KELUAR

LOKET F
  1. Surat pengantar RT/RW, Lurah, Camat
  2. Mengisi formulir dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang ada di Kelurahan
  3. Fotokopi KK
  4. Fotokopi KTP
  5. Surat Keterangan pindah dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Catatan:
1. Persyaratan dan tata cara pendaftaran perpindahan penduduk WNI dalam Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dilakukan dengan memperhatikan klasifikasi perpindahan penduduk
2. Klarifikasi perpindahan penduduk adalah sebagai berikut:
  • Dalam satu Kelurahan
  • Antar Kelurahan dalam satu kecamatan
  • Antar Kecamatan dalam Daerah
  • Antar Kabupaten/Kota dalam satu Provinsi, atau antar Daerah

Semua persyaratan dikumpul dalam map warna kuning
LAMANYA PEMBUATAN 8 (DELAPAN) HARI KERJA

GRATIS

Kutipan Kedua

Nomor Antrian SMS: 0878 2335 2336, 0822 1155 8850, 0822 1155 8860
Format: NAMA#NIK#PERBAIKAN_AKTA

LOKET H

Pembuatan Kutipan Akta Kedua karena Rusak
  1. Kutipan Akta asli, untuk ditarik kembali dan difotokopi 1 lembar
  2. Fotokopi Paspor (wajib dilampirkan bagi pemegang paspor)
  3. Fotokopi KTP pemohon
  4. Fotokopi KK pemohon
  5. Fotokopi Buku Nikah/Akta Perkawinan/Akta Cerai orang tua
  6. Fotokopi Ijazah awal sampai dengan terakhir
  7. Fotokopi Akta Lahir ayah/ibu
  8. Fotokopi Surat Keterangan Ganti Nama
  9. Fotokopi Surat Kewarganegaraan

Pembuatan Kutipan Akta Kedua karena Hilang
  1. Fotokopi Kutipan Akta yang hilang sebanyak 2 lembar
  2. Nomor Register Akta yang hilang
  3. Fotokopi KTP Pemohon (KTP orang tua bagi yang di bawah 17 tahun)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga Pemohon
  5. Fotokopi Buku Nikah/Akta Perkawinan/Akta Cerai orang tua
  6. Fotokopi Paspor
  7. Surat Keterangan Pelaporan Kehilangan dari Kepolisian
  8. Fotokopi Surat Kewarganegaraan
GRATIS

Pemberitahuan

Jam pelayanan Disdukcapil kota Bandung yaitu pada pukul 08.00 - 15.00 WIB, dengan istirahat pukul 12.00-13.00 WIB.  Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. ... Selengkapnya

Berita Terkini

Mekanisme Pelayanan Informasi Publik

Dalam memperoleh informasi publik dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dapat melalui website PPID berikut:https://ppid.bandung.go.id/permohonan-informasi-publik/...Selengkapnya

ENGUMUMAN PENETAPAN HASIL AKHIR SELEKSI TERBUKA

PENGUMUMAN PENETAPAN HASIL AKHIRSELEKSI TERBUKA PENERIMAAN TENAGA OPERATOR KOMPUTERDI LINGKUNGAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNGHasil pengumuman selengkapnya dapat didownload ...Selengkapnya

PENGUMUMAN SELEKSI TAHAP II

PENGUMUMAN SELEKSI TAHAP II PENERIMAAN TENAGA OPERATOR KOMPUTERDI LINGKUNGAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNGPengumuman selengkapnya dapan diunduh disini...Selengkapnya

PENGUMUMAN SELEKSI TAHAP I (ADMINISTRASI)

PENGUMUMAN SELEKSI TAHAP I (ADMINISTRASI) PENERIMAAN TENAGA OPERATOR KOMPUTERDI LINGKUNGAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNGPengumuman selengkapnya dapan diunduh disini...Selengkapnya

PENERIMAAN TENAGA OPERATOR KOMPUTER DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

PENERIMAAN TENAGA OPERATOR KOMPUTERDI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPILDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung membuka Penerimaan Calon Tenaga Operator Komputer untuk Pelayanan Admi...Selengkapnya

Akta Kelahiran Braille untuk Penyandang Tunanetra

BANDUNG, (PR).- Inovasi baru dilakukan Pemerintah Kota Bandung di bidang kependudukan dan pencatatan sipil dengan lahirnya Akta Kelahiran Braille. Akta itu hadir untuk memenuhi kebutuhan 400 penyandan...Selengkapnya